Saturday, January 5, 2013

Mari Gali Makna Al Qur'an

Saudara-saudaraku, kaum Muslimin yang dimuliakan Allah. Apa pendapat Anda tentang seorang lelaki yang jatuh cinta dengan seorang asing, dan ia menerima surat cinta dari kekasihnya didalam bahasa yang tidak dia mengerti. Ia belajar membaca tulisan surat itu tanpa mempelajari makna dan artinya. Karena ia merasa tahu, isinya tentulah ungkapan cinta sang kekasih.

Tahun demi tahun berlalu. Lima tahun, sepuluh tahun, dan ia pun menjadi kekaguman orang banyak karena kefasihannya membaca surat didalam bahasa asing tersebut. 

Lalu suatu hari di tahun ke lima belas, ia bertemu dengan seseorang yang mengerti bahasa asing tersebut. Ia pun memutuskan untuk menanyakan arti dan makna surat cinta kekasihnya pada orang tersebut. 

Ternyata, surat itu berbunyi, "Kekasihku, kutinggalkan sejumlah uang di dekat tempat kita bertemu. Ambillah dan segeralah susul aku ke sini. Telah kusiapkan istana indah untuk kita membina rumah tangga bahagia bersama. Aku rindu kamu."

Saudaraku, apa pendapatmu yang akan dia rasakan, mengetahui dia telah menyia-nyiakan waktu 15 tahun? Sekiranya dia mencari tahu makna surat itu 15 tahun lalu, tentu ia telah hidup bahagia, menikah, memiliki anak yang sudah beranjak dewasa, bersama sang kekasih.


Demikian pula dengan Al Qur'an. Tidak ada salahnya bisa membaca Al Qur'an dengan indah dengan memperhatikan tajwid tanda-tanda baca. Dengan cara ini Al Qur'an disampaikan turun temurun. Tetapi mengerti arti dari ayat-ayat Al Qur'an juga sama pentingnya untuk menuntun kita didalam kehidupan kita sehari-hari. Pesan-pesan yang terkandung di dalam Al Qur'an merupakan pesan Allah kepada kita, hamba-hambaNya. Dan kita semua memiliki kewajiban dan hak yang sama untuk mengetahui pesan-pesan tersebut.


Download Al Qur'an (30 Juz) terjemahan bahasa Indonesia

No comments:

Post a Comment